Pada hari Sabtu ,tanggal 30 Januari 2021 bertempat di balai desa Wonomarto dengan standar prokes Covid-19 diadakan sosialisasi KPB (Kartu Tani Berjaya).
Acara ini menindaklanjuti kegiatan rapat bersama Gubernur lampung Arinal Djunaidi melalui sistem online (zoom meeting) di Balaidesa Madukoro tentang program kartu tani berjaya dan manfaat nya untuk petani di propinsi Lampung.

Dalam kegiatan sosialisasi di Desa Wonomarto , sebagai Nara sumber yaitu koordinator penyuluh kecamatan Kotabumi Utara Suwarti dan PPL Desa Wonomarto Susilo ,dalam sosialisasi itu disampaikan kepada Gapoktan dan seluruh ketua kelompok tani dan KWT se Desa Wonomarto bahwa banyak Manfaat yang diterima oleh petani jika petani sudah terdaftar di sistem Kartu Tani Berjaya diantaranya pengadaan pupuk subsidi yang lebih transparan ,pinjaman KUR untuk modal pertanian,Beasiswa pendidikan bagi anak2 petani dan masih banyak lagi manfaatnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Desa Wonomarto Waskito yusika,ketua BPD Wonomarto Purwanto ,Ketua LPM Wonomarto Gunantoyo .

Dalam sambutannya Kepala Desa Wonomarto sangat

antusias karena Desa Wonomarto adalah salah satu Desa di kecamatan Kotabumi Utara yang memiliki lahan pertanian sawah yang luas 180 Ha dan memiliki 2 bendungan yang dimanfaatkan untuk mengairi lahan persawahan .Bendungan Tirtasinta dan Bendungan Way Merah .
Sehingga dengan adanya program Kartu tani berjaya ini sangat menguntungkan bagi petani sehingga dapat meningkatkan kehidupan petani yang layak dan bermartabat.
Selain itu disampaikan juga agar staff wilayah dan RT untuk mendata warganya yang belum tergabung dalam kelompok tani agar segera bergabung atau membentuk kelompok tani.
Dan BUMDes juga harus ikut ambil bagian dalam mensukseskan program ini bekerjasama dengan pihak Bank yang dipilih oleh program Kartu Tani Berjaya .

Dalam diskusi tanya jawab juga disampaikan oleh salah satu ketua kelompok tani agar hasil panen petani dapat di akomodir agar tidak terjadi kerugian yang diderita oleh para petani.

Semoga Program Kartu tani berjaya dapat Sukses di propinsi Lampung khususnya di Kabupaten Lampung Utara.

Admin Desa

Facebook Comments Box
(Visited 72 times, 1 visits today)