SANGKAR BURUNG PERKUTUT , KARYA SALAH SATU STAF WILAYAH DESA WONOMARTO

Ditengah pandemi Covid-19 dan menyambut era new normal .
Siapa sangka, sangkar burung perkutut yang di hasilkan dari tangan-tangan terampil masyarakat dusun tegalsari,Desa Wonomarto Kecamatan Kotabumi Utara, Kabupaten Lampung Utara ,dapat menembus pasar sangkar burung di wilayah Lampung khususnya di pasar kurungan di Natar .
Ternyata Home Industri ini di pelopori dan di komandoi oleh STAF WILAYAH Dusun Tegalsari M. SUPARWONO HADI.

Membuat sangkar burung perkutut merupakan kegiatan industri rumahan yang bisa melibatkan masyarakat.

Harapan kedepannya Dusun Tegalsari dapat menjadi sentra kerajinan pembuatan sangkar burung yang dapat memberdayakan masyarakat .

Dan kegiatan membuat sangkar burung tersebut sudah ditekuni sebelum masa pandemi Covid-19. Dalam membuat sangkar burung perkutut bisa menambah pendapatan.

Bahkan bisa memenuhi kebutuhan hidup keluarga yang selama ini kurang bisa tercukupi dari hasil pertanian. Itu pula yang membuat produk sangkar burung perkutut dari para pengrajin di dusun tegalsari ,Desa Wonomarto berbeda dan memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Dan dalam produksinya setiap pekannya mampu memproduksi sebanyak 8 sangkar .


Kualitas yang membedakan biasanya terdapat pada lukisan motif yang terdapat di sangkar burung tersebut. Bila motif yang bagus dan agak rumit, maka pengerjaannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Bisa sampai 3 hingga 4 hari per sangkarnya. Kemudian juga dari bentuk yang diinginkan konsumen.


Semoga seiring berkembangnya desa dan dusun tegalsari yang sudah dijadikan sebagai sentra industri sangkar burung ini, warga dusun benar-benar serius dan membuatnya sebagai pekerjaan utama, meski begitu, pembuatan sangkar burung perkutut tetap mengandalkan peralatan-peralatan sederhana.

Permintaannya pun tak hanya dari Lampung Utara saja, namun juga sudah datang dari daerah Lampung Tengah,Pesawaran ,Pringsewu dan Lampung Selatan.

Adapun harga kurungan perkutut ini berkisar Rp 200.000,- per unitnya .
Untuk pemesanan silakan menghubungi
No hp /WA : 0823-7839-4420

Admin Desa
Wonomarto,24 Juni 2020

Facebook Comments
(Visited 210 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *