RAPAT TRIWULAN GAPOKTAN DESA WONOMARTO

Bertempat di Balai dusun Wonomarto Desa Wonomarto kecamatan Kotabumi Utara ,tanggal 18 September 2021 dimulai jam 14.00 WIB diadakan rapat triwulan Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Desa Wonomarto kecamatan Kotabumi Utara kabupaten Lampung.

Dalam rapat tersebut di hadiri oleh Kepala Desa Wonomarto Waskito yusika dan Penyuluh Pertanian Susilo Hartoyo SST .
Gapoktan Desa Wonomarto yang diketuai oleh Bapak Supardi telah mengagendakan rapat triwulan guna untuk mempererat silaturahmi antar anggota kelompok tani sedesa Wonomarto dan untuk menyampaikan aspirasi para petani Desa Wonomarto dalam wadah GAPOKTAN.

Kepala Desa Wonomarto Waskito Yusika dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Gapoktan yang aktif dalam kegiatan membangun desa di sektor pertanian .selain itu juga mensosialisasikan program Kemitraan dengan yayasan Desa Emas Indonesia melalui PT PUYUH EMAS NUSANTARA (PEN) Dengan harapan agar masyarakat desa Wonomarto dapat meningkatkan pendapatan melalui usaha peternakan puyuh.

Dan juga PPL Desa Wonomarto Susilo Hartoyo SST juga memberikan arahan agar petani sekarang harus lebih aktif karena kedepannya semua akan mengunakan sistem untuk mempermudah petani salah satunya yang disosialisasikan yaitu APLIKASI KPB (Kartu Petani Berjaya).

Dan dalam rapat di season diskusi Banyak muncul ide ide untuk kemajuan Petani di Desa Wonomarto salah satunya Gapoktan akan mengelola pupuk organik sehingga kotoran kotoran dari peternakan Kambing dan Ayam yang melimpah dapat di manfaatkan untuk pertanian di Desa Wonomarto dan jika ada kelebihan produksi dapat di jual ke luar Desa dalam bentuk sudah menjadi Pupuk Kompos sehingga dapat mengurangi petani dalam menggunakan pupuk kimia yang saat ini harganya melonjak.

Dan ada usulan yang disampaikan PPL Desa Wonomarto Susilo Hartoyo SST kepada Kepala Desa yaitu karena Desa Wonomarto memiliki potensi pertanian yang sangat besar agar Dana Desa dapat 20% nya di gunakan di sektor pertanian.

Untuk menanggapi usulan tersebut ,Kepala Desa Wonomarto Waskito yusika menyampaikan ,Di dalam sepengatahuan saya Dana Desa tidak ada sistem persentase dalam penggunaan nya. Namun Gapoktan dapat mengusulkan didalam Musrembang atau didalam penyusunan Rencana kerja pembangunan (RKP). Apalagi saat ini di masa Pandemi Covid-19 Sektor pertanian menjadi skala prioritas untuk ketahanan pangan.

Dan kepala Desa Wonomarto Waskito yusika meminta untuk Gapoktan mengusulkan kegiatan di tahun 2022 .
Yang pasti kegiatan tersebut sangat diperlukan oleh para petani .

Dalam Rapat Tri Wulan Gapoktan Desa Wonomarto ini sangat hidup dan berjalan lancar.

Admin Desa

Facebook Comments
(Visited 76 times, 1 visits today)