“Kenapa Patriot Desa itu penting?”

Patriot Desa itu petarung untuk melawan musuh di desa (kemiskinan, kemubaziran, perpecahan, ketidaktahuan, ketidakteraturan dan kelemahan” lainnya yg ada) dalam rangka menjadikan desanya EMAS (kaya, mulia, indah, mahal, cantik dan sejahtera).

Dalam mewujudkan ini Patriot Desa di bekali dengan peta jalan Desa Dmas (5 Pilar Gerakan Desa Emas).

1. Bangun Karakter Individu dan Masyarakat Desa, sehingga memiliki semangat Pantang Menyerah, Mandiri, Gotong Royong da Istiqomah bersama” bekerja hanya memandang Allah SWT, dengan melakukan kegiatan membangun kesadaran”, melalui pengajian, diskusi, pendidikan – melalui sekolah, majelis taklim, poktan, karang taruna dan komunitas” lainnya. semangat Desa Emas pelru dintularkan kepada siapapun yang ada di desa. Patriot Desa mencontohkan dengan melakukan kegiatan” kebaikan tsb.

2. Bangun Gotong Royong dan Kelembagaan Desa, Patriot Desa menjadi teladan untuk bergotong royong, sering bertemu membahas persoalan di desa, membuat program bersama, sepeti memberishkan sampah dinjalan, membuat lomba kebersihan rumah, memperbaiki tempat ibadah, mendata keluarga yang miskin dan kurang mampu, menyelenggarakan program mempersaudarakan, sepeti infaq beras, Sedina Sewu, zakat dll. Semua di bahas dalam RPD yang di buat oleh patriot desa untuk perubahan di desa.

3. Bangun Kolaborasi (Synergi) dan Teknologi di Desa, Patriot Desa banyak berdiskusi untuk mengangkat ekonomi desa, baik sektor parawisata, kuliner, produk UKM dan lainnya. patriot desa mempelopori kolaborasi baik antara pemerintah maupun dengan masyarakat di desa. Mendata Produk UKM desa, mendata kawasan wisata, bersama membangun kemitraan strategis (BUMN, CSR dll), dan menggunakan teknologi untuk menyatukan semua kepentingan” yang di desa.

4. Bangun sumber pendanaan dan investasi, sumber pendanaan bisa dari dalam (masyarakat) melalui baitulmaal desa, jimpitan, tabungan dan investasi masyarakat dll maupun dari luar desa (bantuan hibah, investasi pihak luar). Untuk itu Patriot Desa perlu menyiapkan proyek yang layak dan dapat disampaikan kepada pemerintah desa dan juga pihak luar desa.

5. Bangun Pasar dan Industri Desa, Patriot Desa setelah melihat potensi produk kuliner dan UKM desa, maka menyiapkan jaringan pasar baik sec online maupun ofline, pendataan warung dan toko, pendataan hotel dan restoran yang dapat di ajak kolaborasi unpenjualan produk. Bersama GDE Pusat masuk dlm toko online deMall. Patriot Desa bersama desa mengusulkan industri yang akan di bangun di desa, baik industri kecil maupun idnustri besar/menengah (pabrik juice, pabrik kosmetik, pasta buah dll) Pelibatan Patriot dalam pembangunan pasar dan industri harus proaktif dan selalu berkoordinasi dengan GDE Pusat.

Semoga sukses🙏🙏☝️

Tuhan tidak merubah masyarakat desa kalau desa tersebut tidak bergerak merubah dirinya sendiri.

Semua tergantung inisiatif dan semangat para patriot desa dalam membangun desa💪💪💪

Ayoo Patriot Desa, Bangun semangat Pantang Menyerah-Mandiri dan Gotong Royong.

Desa Emas : Siap kami BISA!!

Facebook Comments Box
(Visited 151 times, 1 visits today)