Desa Wonomarto ,Menjadi salah satu Pioneer dalam program E-Samdes di Provinsi Lampung.

Kepala Desa Wonomarto Waskito yusika , Pengurus Bumdes Swadesa Artha Mandiri Wonomarto Ali Hasan dan 2 operator mengikuti Kegiatan Launching dan pelatihan Program e-Samdes dan Desamart oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, secara virtual di Gedung Sesat Kabupaten Lampung tengah pada hari Selasa Tanggal 14 September 2021.

Launching dilakukan dalam rangka melaksanakan Program Elektronik Samsat Desa (e-Samdes) untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor, dan Desamart di Provinsi Lampung.

Bumdes Swadesa Artha Mandiri Desa Wonomarto Kecamatan Kotabumi Lampung Utara menjadi salah satu dari 26 Bumdes di Provinsi Lampung yang menjadi Pioner dalam program E-Samdes.

Turut mendampingi Gubernur, Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno, Forkopimda Provinsi lampung, Dirut PT Bank Lampung, Dirut Operasional PT Jasa Raharja Lampung, General Manajer PT Telkom Wilayah Lampung, Dirut PT Pembangunan Lampung, Dirut PT Candra Perdana Abadi lampung, Dirlantas Polda Lampung dan Bupati Lampung Tengah, di Balai Kampung Wates, Kecamatan Bumiratu Nuban, Kabupaten Lampung Tengah.

Gubernur lampung Arinal Djunaidi dalam sambutannya menyampaikan bahwa pajak kendaraan bermotor saat ini merupakan merupakan penyumbang tertinggi penerimaan daerah dari sektor pajak daerah, sehingga perlu ditingkatkan pelayanan serta perluasan pelayanan terhadap masyarakat untuk mewujudkan pelayanan pajak yang optimal.

Terbentuknya pelayanan Program e-Samdes dan Desamart adalah salah satu langkah pemerintah untuk memudahkan masyarakat dalam melaksanakan pembayaran pajak kendaraan bermotor, supaya masyarakat tidak lagi mengeluhkan biaya transport dalam menjangkau dan membayar pajak kendaraan bermotor. Diharapkan program ini juga menjadi salah satu pogram yang dapat meningkatkan pendapatan daerah yang lebih baik dan meningkat, jika seluruh masyarakat dan wajib pajak, taat membayar pajak.

“Jadi dengan adanya Aplikasi e-Samdes, masyarakat cukup mendatangi BUMDes ditempat tinggalnya dan dapat melakukan transaksi pembayaran. Setelah selesai melakukan transaksi pembayaran, wajib pajak akan menerima tanda bukti.”

“Program ini diharapkan dapat membantu masyarakat dan mempermudah dalam membayar pajak kendaraan bermotor”, jelas Gubernur.

Selanjutnya Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno dalam sambutannya”
Saya mengapresiasi Samsat Provinsi Lampung atas inovasi dalam mengembangkan program E-Samdes sehingga pemerintah bisa mengakomodir bagaimana pelayanan publik yang mudah, cepat, dan transparan,” ujar Kapolda.

Sementara itu Kepala Desa Wonomarto Waskito yusika, usai kegiatan menyampaikan bahwa atas nama masyarakat Desa Wonomarto dirinya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Utara dan Provinsi Lampung, atas dilaksanakannya Program e-Samdes dan Desamart di Provinsi Lampung dan Desa Wonomarto menjadi salah satu Desa yang di percaya untuk melaksanakan program E-Samdes dan Desa Smart .

Dengan adanya program ini BUMDes Swadesa Artha Mandiri akan lebih mawas diri untuk selalu memperbaiki diri agar lebih baik dan bermanfaat untuk masyarakat Desa Wonomarto.

“Dengan adanya program dan aplikasi e-Samdes ini, tentu akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor, sehingga diharapkan penerimaan pajak daerah dari kendaraan bermotor akan meningkat.”

Kepala Desa Wonomarto Waskito yusika akan selalu mendukung dan mensukseskan program tersebut, agar berjalan dengan baik di Desa Wonomarto kecamatan Kotabumi Utara kabupaten Lampung Utara.

Dan untuk pelaksanaannya Di Desa Wonomarto akan dibuka pada hari Senen , Tanggal 20 September 2021.
Untuk masyarakat yang akan membayar pajak kendaraan bermotor untuk membawa persyaratan yaitu KTP dan STNK yang ASLI.Pelayanan ini di buka untuk seluruh masyarakat Lampung .selain melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor , BUMDes Swadesa Artha Mandiri juga melayani pembayaran online lainnya ( PLN,Telkom dll) Transfer antar Bank dan PBB (Pajak Bumi dan Bangunan)

Semoga Program ini Berjalan dengan baik dan kami Kepala Desa Wonomarto dan Pengurus Bumdes akan Semaksimal dalam menjalankan program ini.

Admin Desa

Facebook Comments
(Visited 59 times, 1 visits today)