BPD Desa Wonomarto mengundang kepala Desa untuk menjelaskan suara sumbang di masyarakat


Pada hari Sabtu ,tanggal 27 Juni 2020,Kepala Desa Wonomarto menghadiri undangan BPD Desa Wonomarto untuk menjelaskan beberapa isu yang berkembang di masyarakat ,yaitu:
1.Tentang Desa Emas
2. BUMDes tentang toko Desa.
3. APBDes perubahan untuk BLT.
4. Pembagian siltap melalui NON TUNAI.

Pada kesempatan tersebut ,kepala Desa Wonomarto Waskito yusika menjelaskan kepada BPD yang di hadiri oleh ketua dan anggota BPD yaitu :

1. Tentang Desa Emas ,kepala Desa Waskito yusika, menjelaskan Bahwa Desa Emas adalah Visi misi Pemerintah Desa dan EMAS itu adalah sebuah kepanjangan dari ENTREPRENEUR ,MANDIRI , ADIL dan SEJAHTERA.
Dalam visi misi ini Desa Wonomarto bekerjasama dengan Yayasan Desa Emas Indonesia ,Jadi Desa Emas adalah bukan status Desa Wonomarto namun sebuah visi dan misi Pemerintahan Desa.
Sedangkan status Desa Wonomarto secara resmi dari pemerintah pusat di tahun 2020 adalah Desa MAJU.

2. Tentang BUMDes,Untuk toko desa yang modal usahanya melalui saham Masyarakat selama 3 tahun ini sudah mengalami pergantian pengurus sebanyak 3 kali dikarenakan mengalami kerugian,Sebab tujuan utama awal pembangunan toko desa adalah kerjasama dengan Dinas Sosial untuk penyaluran Bantuan Sosial.Namun karena belum berjalan maka ditahun 2020 ini pemerintah Desa sudah menyiapkan anggaran untuk mengembalikan saham Masyarakat dan kedepannya semua Aset milik toko desa akan menjadi milik desa dan akan dikelola oleh BUMDes Swadesa Artha Mandiri Wonomarto.

3.Untuk APBDES perubahan ,Anggaran yang digunakan untuk penanganan Covid-19 dan Dana BLT 2020,adalah anggaran dari semua sifatnya oprasional , pembangunan dan penguatan BUMDes.

4.Untuk pembagian Siltap secara Non Tunai adalah kebijakan kepala Desa dimana di ERA NEW NORMAL semua transaksi termasuk pembagian BLT Dana Desa dilakukan secara non tunai.dan masih banyak manfaat nya karena salah satu bank nasional yang sebagai mitra BUMDES akan menyediakan alat transaksi keuangan di kantor BUMDes untuk memudahkan pelayanan transaksi keuangan (transfer,menabung dll) masyarakat Desa Wonomarto.
Dan yang terutama membantu penerima BANSOS PKH dalam melakukan pencairan ,yang selama ini banyak masyarakat desa melakukan transaksi di luar Desa.

Dan Selain itu kepala Desa mengucapkan terimakasih atas undangan BPD dan kerjasamanya selama ini.karena selama ini BPD Desa Wonomarto sangat mendukung kinerja kepala Desa selama kinerja itu untuk kebaikan Masyarakat Desa Wonomarto.

Admin Desa
30 Juni 2020

Facebook Comments
(Visited 132 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *